Selasa, 06 September 2011

Kisah Unik Makam Mbah Soleh



DI KAWASAN Wisata Religi Sunan Ampel di Surabaya Jawa Timur, sebuah keajaiban yang tak ada duanya, ada seorang manusia yang di kubur hingga sembilan kali.

Di samping Masjid Agung Sunan Ampel ada sembilan kuburan yang berjajar. Itu bukan kuburan sembilan orang, tapi hanya makam satu orang yaitu murid Sunan Ampel yang bernama Mbah Sholeh.

Kisah Mbah Soleh erat kaitannya dengan sembilan kuburan yang ada di sebelah timur Masjid Agung Sunan Ampel. Semasa hidupnya punya keistimewaan yang tak dipunyai lain-lain orang. Ia tukang sapu Masjid Ampel saat Sunan Ampel hidup. Kalau menyapu, bersih sekali. Orang yang sujud di masjid ini dan tak pakai sajadah merasa nyaman karena merasa bersih tanpa debu sama sekali.

Mbah Soleh wafat. Dia dikubur di depan masjid. Kematiannya sangat ditangisi. Ia meninggalkan warisan amat penting: kerja adalah ibadah. Bila pekerjaan dilakukan dengan iklas, hasilnya memuaskan. Begitulah Mbah Soleh. Tak ada seorang pun yang sanggup menyamai hasil kerjanya.

Semakin lama, masjid yang dulunya bersih terasa semakin kumuh dan kumuh. Sunan Ampel sangat prihatin. Sunan Ampel pun berkata," Bila Mbah Soleh masih hidup, pasti masjid ini selalu bersih."

Mendadak Mbah Sholeh ada di Pengimaman sedang menyapu lantai. Seluruh lantai pun menjadi bersih lagi. Orang-orang keheranan mengetahui Mbah Sholeh hidup lagi.

Beberapa bulan kemudian Mbah Sholeh wafat lagi. Masjid kotor lagi, lalu terucaplah kata-kata Sunan Ampel seperti dulu, Mbah Sholeh pun hidup lagi. Hal ini berulang-ulang sampai kuburannya ada delapan.

Pada kehidupan Mbah Soleh yang kedelapan ini, Sunan Ampel wafat. Setelah Sunan Ampel wafat, Mbah Soleh menyusulnya, dan ia dikuburkan di dekat kuburannya dulu. Jadi, total kuburan Mbah Soleh ada sembilan. Kuburan terakhir di ujung paling Timur.
(uky)

Senin, 1 Agustus 2011 - 17:42 wib
Pasha Ernowo - Okezone
Makam Mbah Soleh (foto: fadhlikg2.blogspot.com)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar